IAIN Bukittinggi

Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

IAIN BUKITTINGGI SIAP SUKSESKAN UJIAN SPAN-UM PTKIN 2019

25 January 2019 By In Berita Terbaru

WhatsApp Image 2019 01 24 at 08.03.21

Peluncuran Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi KeagamaanIslam Negeri (SPAN-UMPTKIN) tahun 2019 oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang bertempat di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Rabu (23/01/2019). Peluncuran SPAN-UM PTKIN dengan mengusung tema “Gerbang Masa Depan Insan Paripurna”

Kegiatan peluncuran SPAN-UM PTKIN dihadiri oleh utusan dari IAIN Bukittinggi dan berbagai utusan dari Perguruan Tinggi Universitas Islam Negeri (UIN), Institute Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Se-Indonesia, Kakanwil Se-Indonesia, serta utusan Mahasiswa dari Berbagai PTKIN serta dari MAN/MAS dan Pondok Pesantren.

Dalam sambutannya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasi dalam menyukseskan SPAN-UM PTKIN 2019 dan kita bersyukur atas peminat SPAN-UM PTKIN setiap tahunnya terus meningkat.

Dalam hal ini diharapkan Panitia bentuk tim kajian dari proses yang akan dan telah dilakukan untuk Mengkaji data-data SPAN-UM PTKIN. Kenaikan angka pendaftar harus diimbangi dengan rasio jumlah Madrasah, Sekolah Umum, serta Jumlah Lulusan dan seterusnya. Sehingga kita memiliki angka yang akurat. Hingga dapat kesimpulan animo ketertarikan mendaftar di PTKIN, ujar Menteri Agama.

Selain itu Lukman Hakim Saifuddin menuturkan Point yg ingin ditekankan, tim kajian yang tidak hanya mengumpulkan data, tapi menyempurnakan data dan menemukan kesimpulan yang akurat. Sehingga kita dapat menemukan kiat bagaimana menarik minat mendaftar masuk PTKIN. Inilah data penting yang jadi pertimbangan pengembangan PTKIN.

Menteri Agama menyatakan, perlu juga ditelusuri program studi pilihan yang diminati. Agama semakin memiliki urgensi yang tinggi. Mestinya prodi2 keagamaan semakin diminati. Sekedar contoh, banyak sekarang ini orang ceramah dengan mencaci, marah-marah. Padahal teladan kita Rasullullah tidak pernah melakukan hal seperti itu. Kita adalah pihak yang paling otoritatif dan memiliki kompetensi serta bertanggungjawab menjelaskan Islam yang rahmatan lil'alamin. Disinilah letak urgensi prodi-prodi keagamaan itu di tengah kehidupan berbangsa.

Saya ingin menyegarkan kesadaran, bahwa Perguruan Tinggi memiliki tanggung jawab yang besar. Harus menjadi pijakan dasar dan arah tujuan kemana kita hendak melangkah, ujar Menteri Agama.

Sebagai Panitia lokal SPAN UM-PTKIN, Perwakilan IAIN Bukittinggi turut hadir dalam acara peluncuran tersebut yaitu Rektor IAIN Bukittinggi Dr. Ridha Ahida, M. Hum, Kasubag Administrasi Akademik dan Humas IAIN Bukittinggi.

Rektor IAIN Bukittinggi Dr. Ridha Ahida M. Hum menyatakan untuk tahun ini ada penambahan target sebesaar 30% untuk peserta SPAN - UM PTKIN tahun 2019 dibandingkan dengan tahun 2018 kemaren sebagaimana yang disampaikan oleh menteri agama. Selain itu IAIN Bukittinggi bertekad untuk meningkatkan diri untuk menjadi juara 1 peminat tertinggi SPAN PTKIN untuk level Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Tahun 2018 kemaren IAIN Bukittinggi berhasil menjadi juara kedua peminat terbanyak untuk Level Institute Agama Islam Negeri (IAIN). Sementara itu untuk Jalur UM PTKIN IAIN Bukittinggi bertekad masuk Ranking 3 besar Peminat UM PTKIN. Tahun 2018 kemaren IAIN Bukittinggi masuk 7 besar peminat terbanyak UM PTKIN.

Wakil Rektor I IAIN Bukittinggi Dr. Asyari, S. Ag., M. Si menyatakan IAIN Bukittinggi akan membuka peluang seluas-luasnya bagi tamatan Madrasah dan SLTA untuk melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada SPAN Tahun 2019.

Diharapkan pada SPAN Tahun 2019 ini akan terjaring siswa-siswa berprestasi untuk dapat meningkatkan peran institute agama islam negeri (IAIN) bukittinggi dalam menghasilkan Sumber daya manusia yang berkualitas, ujar Dr. Asyari, S. Ag., M. Si

Proses Pendaftaran SPAN-PTKIN dimulai pengisian dan verifikasi PDSS tanggal 23 Januari sampai dengan 28 Februari 2019, sementara itu pendaftaran dimulai tanggal 23 Januari sampai 28 Februari 2019, dengan proses seleksi tahap awal 8 sampai 15 Maret 2019 sementara itu untuk tahap kedua dilaksanakan 20 Sampai 22 Maret 2019, untuk Pengumuman hasil seleksi 1 April 2019 dan daftar ulang peserta lulus 6 sampai 10 Mei 2019.

Sementara untuk pendaftaran ujian tulis UM-PTKIN dimulai tanggal 2- 30 April 2019, ujian tulis dilaksanakan 28 Mei 2019, dengan pengumuman hasil ujian tulis 1Juli 2019 dan pendaftaran ulang tanggal 8 sd 19 Juli 2019. ketentuan pendaftaran SPAN-UM PTKIN lebih lanjut dapat dilihat pada website yaitu www.span.ptkin.ac.id dan www. Um-ptkin.ac.id. (Humas IAIN Bukittinggi)

Read 2213 times

Download Template Joomla 3.0 free theme.