IAIN Bukittinggi

Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

IAIN BUKITTINGGI RESMI BERSTATUS BLU

21 January 2019 By In Berita Terbaru

WhatsApp Image 2019 01 21 at 08.16.02

 

IAIN Bukittinggi (21/1/2018) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi berubah status dari Satuan Kerja (Satker)Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) menjadi satuan kerja (Satker) Badan Layanan Umum (BLU) dengan keluarnya surat keputusan kementerian keuangan pada tanggal 15 November 2018, dengan SK. No. 775/KMK. 05. 2018.

Salah satu agenda reformasi keuangan Negara adalah adanya pergeseran system penganggaran dari penganggaran tradisional menjadi pengganggaran berbasis kinerja. Dengan basis kinerja ini, arah penggunaan dana pemerintah menjadi lebih jelas dari sekedar membiayai input dan proses menjadi berorientasi padat output. Perubahan ini penting mengingat kebutuhan dana yang makin tinggi tetapi sumber daya pemerintah terbatas ujar Dr. Ridha Ahida, M. Hum, selaku Rektor IAIN Bukittinggi.

Penganggaran yang berorientasi pada output merupakan praktik yang dianut oleh pemerintah modern di berbagai Negara. Mewirausahakan pemerintah (Enter Prising the Government) adalah paradigma yang memberi arah yang tepat bagi sector keuangan publik untuk mendorong peningkatan pelayanan. Ketentuan tentang penganggaran tersebut telah dituangkan dalam undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan Negara.

Beralih statusnya IAIN Bukittinggi ke Satker Badan Layanan Umum (BLU), IAIN Bukittinggi diberi keleluasaan oleh Negara untuk mengelola keuangannya sendiri. Hal ini mendorong IAIN Bukittinggi untuk bisa lebih mandiri, ujar Dr. Novi Hendri, selaku Wakil Rektor II IAIN Bukittinggi.

Lebih lanjut Dr. Novi Hendri menuturkan, dengan perubahan status dari satker PNBP ke satker BLU (Badan Layanan Umum) merupakan sebuah prestasi bagi IAIN Bukittinggi. Hal ini sekaligus menegaskan kemandirian IAIN Bukittinggi.

Sejauh ini hanya IAIN Bukittinggi menjadi satu-satunya kampus di bawah PTKIN setingkat IAIN yang beralih status dari satker PNBP menjadi BLU. Perubahan satker PNBP menjadi BLU ini menjadi langkah awal IAIN Bukittinggi bertransformasi menuju Universitas Islam Negeri (UIN), karena syarat menjadi UIN salah satunya adalah menjadi satker BLU.

Keputusan untuk merubah satker dari PNBP menjadi BLU merupakan sebuah keberanian dan terobosan baru yang dilakukan oleh IAIN Bukittinggi, sebab, sejauh ini banyak dari PTN yang tidak mau mengambil resiko dan lebih cenderung menempati zona aman dan masih bergantung dengan dana dari pusat.

Blu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan flesibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan praktik bisnis yang sehat lanjut Dr. Novi Hendri..

Dengan perubahan satker ini, maka seluruh dosen dan karyawan IAIN Bukittinggi, baik PNS maupun non PNS dituntut lebih profesional dalam pelayanan bidang akademik maupun non akademik maupun dalam pengelolaan asset dan keuangan, ujar Novi Hendri. (Humas IAIN Bukittingi).

Read 255 times

Download Template Joomla 3.0 free theme.