IAIN Bukittinggi

Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Peran Strategis Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Mahasiswa

13 December 2018 By In Berita Terbaru

ikonyo

IAIN Bukittinggi (Rabu,12/12/2018) - Rombongan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Agam hadir di IAIN Bukittinggi dalam rangka sosialisasi dan Pendidikan Pemilihan Umum tahun 2019 kepada Generasi Milenial, dalam bentuk seminar KPU goes to campus.

Seminar KPU goes to campus di IAIN Bukittinggi dengan mengusung tema” Peran Strategis Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Mahasiswa” dengan pembicara Hardi Putra Wirman, S.Ip.,M.A yang merupakan kandidat Doktor Ilmu Politik Universitas Padjadjaran bertempat di Gedung Serba Guna Student Center Kampus II IAIN Bukittinggi.

Seminar KPU goes to campus di IAIN Bukittinggi dihadiri oleh mahasiswa IAIN Bukittinggi dan rombongan KPUD Kabupaten Agam.

Hardi Putra Wirman mengatakan kepada seluruh peserta seminar yang hadir, bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pileg, Pilkada ataupun Pilpres, jangan hanya menjadi ajang ritual politik 5 tahunan saja, lebih dari itu Pemilu harus bisa menjadi edukasi bagi masyarakat. Kalau Pemilu hanya menjadi ritual politik banyak dampak yang akan terjadi salah satunya adalah meningkatnya Golput.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa untuk meningkatkan partisapsi politik generasi muda, khususnya mahasiswa perlunya sinergisitas yang harus dibangun oleh KPU, Partai Politik dan Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi pada dasarnya memiliki fungsi diantaranya Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; Mengembangkan civitas Akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma.

Selanjutnya menurut Narsumber bahwa Perguruan Tinggi tidak hanya sebagai centre of excellence atau pusat pemikiran dan ilmu pengetahuan tetapi juga centre of change atau pusat perubahan Tanggung jawab civitas akademika bukan hanya mengembangkan ilmu pengetahuan tetapi juga menerapkannya demi kebaikan masyarakat dan kesejahteraan seluruh bangsa. Ada beberapa stragegi yang bisa dilakukan oleh Perguruan Tinggi diantaranya adalah pengembangan organsisasi kemahasiswaan dan kedua adalah melakukan pendidikan politik bagi mahasiswa sehingga akan melahirkan Pemilih cerdas, pemilih yang cerdas adalah pemilih yang lebih mengedepankan rasionalitas (bukan emosionalitas) dalam menentukan pandangan dan sikap politiknya.

Selain itu kegiatan yang kita laksanakan ini merupakan salah satu bentuk upaya KPU dalam mensosialisasikan terkait dengan keikut sertaan masyarakat dan khsususnya pemilih dari kalanagan milenial dalam Pemilihan Umum, ujar salah seorang anggota rombongan KPUD Kabupaten Agam.

Dari pantauan tim Humas IAIN Bukittinggi; Peserta seminar KPU Goes to Campus di IAIN Bukittinggi terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti acara seminar. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang ingin bertanya dalam seminar. seminar KPU goes to campus IAIN Bukittinggi berjalan dengan lancar dan terbit. (Humas IAIN Bukittinggi)

 

Read 201 times

Download Template Joomla 3.0 free theme.