IAIN Bukittinggi

Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

SEMA IAIN Bukittinggi Ikuti Student Mobility Program di Tiga Negara

04 December 2018 By In Berita Terbaru

eee

IAIN BUKITTINGGI  - Ketua Senat Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) BUKITTINGGI, Zakri terpilih untuk mewakili IAIN BUKITTINGGI mengikuti Program Student Mobility Program (SMP) di tiga Negara (Singapura, Malaysia dan Thailand). Kunjungan pertama dilakukan ke Institut Pengajian Tinggi Al-Zuhri di Singapura. Yaitu lembaga pendidikan berbasis komunitas yang berada di Singapura. Al Zuhri mengelola pendidikan dengan metode spesialisasi, kursus singkat Agama Islam, Spesialis Diploma sampai Pasca Sarjana.

Di Singapura, Dakwah Agama Islam lebih mengedepankan Akhlakul Karimah, agar warga lain memandang Agama Islam sebagai Agama Rahmatan Lil Alamin. Pembangunan sebuah masjid memerlukan anggaran yang cukup besar, oleh karena itu Muslim Singapura merelakan gajinya dipotong sebesar 5 Dollar Singapura untuk membangun Masjid. Jelas Ust. Faturrahman Dawoed (Anggota Naib Pengurus Al Zuhri).

Selain persoalan akademik, sejumlah isu kemahasiswaan juga dibahas dalam kunjungan SMP di UKM. Di antaranya, terkait oganisasi kemahasiswaan, sukses organisasi, anggaran kegiatan, issu radikalisme dan terorisme, tata cara berpakaian, dan penghargaan kepada aktivitas kemahasiswaan.

kegiatan SMP selanjutnya mengunjungi Universiti Selangor (UNISEL) di Bestari Jaya Rabu (28/11/2018), dalam konferensi Pers Dr. Abdulloh Umar Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Fatoni megatakan kami telah membuka konsentrasi Bahasa Indonesia dalam tiga tahun terakhir ini dan kurang lebih memiliki 30 mahasiswa.

Abdulloh Umar menambahkan, kami memiliki pusat bahasa dengan mengajarkan empat bahasa, yaitu Bahasa Thailand, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Malaysia. ”Bahasa Indonesia kami anggap penting dan prospektif sehingga dibuka sebagai salah satu konsentrasi di kampus ini”.

Prof. Dr. Ismail Lufti selaku Ketua Majelis Agama-Agama di Thailand mengatakan kita perlu melakukan riset serius apa rahasianya kenapa para tokoh Indonesia mampu mempersatukan bangsanya yang mayoritas beragama Islam. “Kami di Thailand ini masih berjuang agar Islam mampu dipahami dan dianut oleh bangsa kami”.

Prof. Lufti menambahkan perlu sekali kita menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi islam di Indonesia. Dihadapan rombongan Student Mobility Program Kementerian Agama Luthfi mengaku selama ini mengajak orang untuk memahami Islam dengan cara-cara damai (peace), hikmah, lemah lembut. “dengan cara ini mulai banyak masyarakat di Thailand yang masuk Islam dari tahun ke tahun jumlahnya bertambah”, kata Luthfi.

Luthfi merasa sangat bangga atas kunjungan bapak/ibu dan para mahasiswa ke kampusnya. “Islam membawa misi rahmatan lil ‘alamin dan memajukan siratal mustaqim, karenanya kita harus berhati-hati dan mengamalkannya dengan baik”. Kita harus mencontoh Nabi Muhammad yang mengajarkan akhlak yang agung (khuluqun’adzim)”, demikian pesan Luthfi. (Humas IAIN Bukittinggi)

Read 39 times

Download Template Joomla 3.0 free theme.