IAIN Bukittinggi

Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

IAIN Bukittinggi, “Literasi Islam Cinta"

04 December 2018 By In Berita Terbaru

WhatsApp Image 2018 12 04 at 10.53.54

Peningkatan intoleransi dan radikalisme agama di Indonesia, khususnya pada kalangan anak muda, telah menjadi isu nasional yg sangat mengkhawatirkan. Salah satu faktor penyebabnya ialah rendahnya tingkat literasi dan sesaknya ruang baca masyakat oleh bacaan-bacaan yg intoleran dan mengarah pada radikalisme.

Karenanya, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Bukittinggi dengan menggandeng Gerakan Islam Cinta (GIC) menyelenggarakan Roadshow Literasi Islam Cinta.

Kegiatan ini diawali dengan penandatangan MoU antara FUAD IAIN Bukittinggi dengan GIC, peluncuran Reading Club Gen Islam Cinta, dan distribusi lebih dari 300 buku Islam Cinta secara gratis. Acara yang dilaksanakan pada Jum'at, 30 November 2018 di GOR Kampus 2 IAIN Bukittinggi ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai Prodi dan Fakultas.                  

"Kegiatan ini untuk meningkatkan minat baca sekaligus mengkampanyekan Islam sebagai agama yang ramah melalui literasi. Melihat rentannya kelompok milenial terpapar paham radikal, maka langkah ini sudah sangat urgen sekali," kata Ketua Gerakan Islam Cinta, Eddy Aqdhiwijaya usai me-launching reading club di IAIN Bukittinggi.

Acara ini juga dirangkai dengan Bincang Buku yg diisi oleh para pembicara muda seperti Dr. Zulfan Taufik, MA.Hum. (Dosen & Direktur Eksekutif Youth Studies Institute), Silmi Novita Nurman, M.Ag.(Dosen & Pegiat Literasi), dan Azhar Muhammad Akbar (Penulis buku Gen Islam Cinta: Taat pada Agama, Setia pada Negara).

Setelah Kota Bukittinggi, roadshow ini akan berlanjut ke Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Selama roadshow, GIC bakal mendistribusikan buku gratis sebanyak 20 judul dengan masing-masing berjumlah 500 unit. Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Bukittinggi, Gazali mengapresiasi semangat komunitas GIC dalam menebar dakwah. Menurutnya, literasi yang membawa pesan keislaman selain menambah kesadaran membaca, juga mencerminkan semangat beragama generasi muda. “Kami sangat mengapresiasinya. Roadshow ini diawali di IAIN Bukittinggi. Semoga segenap mahasiswa dapat menggali maanfaat dari acara ini,” katanya.

Selain kegiatan di kampus IAIN Bukittinggi, Roadshow Literasi Islam Cinta di Bukittinggi juga dirangkai dengan Sinergi komunitas literasi dan komunitas kepemudaan lintas agama yang diselenggarakan di Teras Kota Cafe & Resto Bukittinggi di hari yg sama, dan Siaran di Radio RRI Kota Bukittinggi. (Humas IAIN Bukittinggi)

 

Read 42 times

Download Template Joomla 3.0 free theme.