IAIN Bukittinggi

Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

KKN Dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

12 July 2018 By In Berita Terbaru

KKN 1


Bukittinggi – KKN (Kuliah Kerja Nyata) mahasiswa IAIN Bukittinggi tahun 2018, tersebar di tiga kabupaten, Agam, 50 Kota dan Solok Selatan. Dalam kegiatan KKN mahasiswa selaku bagian civitas akademika berkesempatan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di kampus, diaplikasikan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah perwujudan salah satu Tridharma perguruan tinggi IAIN Bukittinggi yaitu pengabdian masyarakat. Seperti tertuang dalam UU Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 1 angka 9, Tridharma perguruan tinggi adalah kewajiban perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Di berbagai lokasi KKN, mahasiswa KKN IAIN Bukittingi aktif dalam berbagai kegiatan, seperti kegiatan sosial dan kepemudaan. "Kita ikut berpastisipasi bersama masyarakat, ikut manyabik (panen) padi bersama, yang uniknya tradisi manyabik padi dengan sistem arisan, bisa lebih 20 orang yang ikut turun kesawah."KKN 4

Selain itu, mahasiswa KKN juga turut aktif dalam melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat, seperti membantu pembuatan kue bolu yang dilakukan oleh warga setempat. Pembuatan kue bolu ini masih bersifat industri rumahan. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan modal usaha yang dialami oleh masyarakat setempat.  “Keterbatasan modal ditengah industry rumahan yang dialami oleh masyarakat setempat menjadi pekerjaan rumah bagi kami, untuk itu kami mencoba untuk mencarikan solusi bagi masyarakat setempat untuk mengembangkan usaha kue bolu mereka” tutur Fauzul Rahmad Hidayat, mahasiswa S1-Perbankan Syari’ah IAIN Bukittinggi, di Kampuang Dalam, Limbanang, Kec. Suliki, Kab 50 Kota.

Selain melakukan pemberdayaan ekonomi mahasiswa KKN juga turut aktif dalam bidang sosial, seperti kegiatan gotong royong. Seperti penuturan salah seorang mahasiswa peserta KKN berikut ini “Disini lapangan Volley tidak aktif, kami aktifkan lagi dengan gotong-royong bersama pemuda setelah selesai kami adakan pertandingan Volley, Futsal dan acara hiburan dalam rangka menjalin silaturrahmi dengan masyarakat disini” ungkap Fauzul Rahmad Hidayat.
Selain aktif dalam bidang sosial, mahasiswa KKN juga aktif di bidang keagamaan. “Kita juga aktif mengajar mengaji anak TPA/ MDA disini antara sholat Maghrib dan Isya’, kemudian jadi panitia MTQ dan ikut menyelenggarakan jenazah jika ada warga yang meninggal” tambah Miftahul Jannah, jurusan Matematika, di lokasi yang sama.
KKN 3
Lokasi berbeda, Jorong Koto Hilalang, Nagari Balingka, Kec. Ampek Koto, Kab. Agam. Mahasiswa KKN berjumlah 11 orang juga aktif kegiatan sosial, keagamaan. “Kita semuanya disini ikut dalam kegiatan keagamaan, ikut menyelenggarakan jenazah, mengajar anak-anak mengaji, tahfidz, sholat fardhu, sholat jenazah dan setelah itu untuk memotivasi mereka kami perlombakan, bulan Ramadhan kami memberikan tausyiah dan kegiatan sosial dengan masyarakat kita ikut gotong-royong,’ ucap Zahermanto mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan dakwah.

Dengan aktifnya mahasiswa KKN dalam kegiatan sosial, keagamaan, pendidikan, hendaknya bisa menjunjung tinggi dan mengaplikasikan semboyan, pedoman, atau prinsip IAIN Bukittingi yaitu; religius, profesional dan berbudaya. (Humas IAIN Bukittinggi)

Read 929 times

Download Template Joomla 3.0 free theme.