IAIN Bukittinggi

Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

PBA FTIK IAIN Bukittinggi; Adakan Mukhayyam Al-Qur’an dan Haflah Tahfidz Qur’an, agar Terbentuk Karakter Mahasiswa yang Qur’ani.

06 June 2018 By In Berita Terbaru

PBA ADAKAN MUKHAYYAM


IAINBUKITTINGGI.AC.ID, Bukittinggi – Kegiatan Mukhayam al-Quran dan Haflah Trahfidz merupakan kegiatan puncak tahunan program Halaqah al-Qur’an setiap hari Rabu yang dilakukan oleh jurusan PBA FTIK IAIN Bukittinggi.

Mahasiswa menyetorkan hafalan ke musyrif/musyrifahnya sekaligus dituntun bagaimana mahasiwa PBA bisa men-tadabburi dan memahami serta mengaplikasikan dalam berbagai bidang ilmu, terkhusus bidang ilmu Bahasa Arab. Hafalan al-Quran selama satu tahun akan disempurnakan dengan Haflah/ Wisuda Tahfidz. Program ini merupakan salah satu program unggulan jurusan PBA yang menargetkan mahasiwanya lulus dengan hafalan minimal 2 juz.

Mukhayyam al-Quran berlangsung dari tanggal 11-13 Mei, dilanjutkan dengan kegiatan Qur’ani Mandiri rentang 14-29 Mei. Selain peserta Mukhayyam yaitu mahasiswa dari jurusan PBA, juga dihadiri dosen dan Alumni PBA IAIN Bukittinggi, pengurus Markaz Qur’an Bukittinggi dan Agam. Dan ditutup dengan Haflah/Wisuda Tahfidz sebanyak 66 orang mahasiswa PBA, kategori 1 sampai 5 Juz. Rangkain kegiatan ini memberi kesan positif bagi mahasiswa PBA.

“Kesan selama kegiatan ini berlangsung, dengan keintensifan mahasiswa berinteraksi dengan al-Qur’an mampu membentuk karakter baik dan mudah diarahkan untuk kebaikan apabila dididik dengan taujih Rabbani,”  jelas Drs. Khairuddin, M. Ag,  selaku Wadek III FTIK, di sela pembukaan Haflah/ Wisuda Tahfidz FTIK di Masjid Ulul al-Bab, Kampus II, Kubang Putih, IAIN Bukittinggi, Rabu (30/05).
“Harapan kita dengan adanya kegiatan ini (Mukhayyam al-Qur’an) bisa menjadi wadah pendidikan yang komprehensif untuk membentuk karakter mahasiswa yang cerdas dan islami, agar nanti bisa menjadi bagian di masyarakat yang berkontribusi di tengah umat, dan semoga kegiatan ini diikuti oleh prodi-prodi lain” imbuh Drs. Khairuddin, M. Ag.

Selain itu, Hayati, MA selaku Ketua Jurusan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam suksesnya acara Mukhayyam dan Haflah/Wisuda tahfidz PBA. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi modal dasar bagi mahasiswa PBA IAIN Bukittinggi dalam membentuk kepribadian yang insan kamil, katanya.

Ditempat terpisah Warek III IAIN Bukittinggi Hj. Nuraisyah, M. Ag mengungkapkan, bahwa kegiatan Mukhayyam al-Qur’an ini merupakan salah satu program unggulan kampus IAIN Bukittinggi dalam menyiapkan mahasiswa yang siap bersaing dalam dunia global yang tetap memegang prinsip-prinsip agama Islam sebagai pegangan hidup.

Kegiatan Mukhayyam al-Qur’an ini merupakan sebuah bukti nyata bahwa lingkungan IAIN Bukittinggi selalu berpegang teguh dengan nilai-nilai agama. Hal ini sekaligus menepis tudingan sekuler, liberal dan lain sebagainya yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab terhadap kampus IAIN Bukittinggi.

Read 549 times

Download Template Joomla 3.0 free theme.