IAIN Bukittinggi

Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

PJTD LPM Al-Itqan: Munculkan Jurnalis Inspiratif

06 December 2017 By In Berita Terbaru

al itqan

Bukittinggi_al-Itqan. Dalam rangka perekrutan anggota baru, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Itqan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi mengadakan Pelatihan Jurnalis Tingkat Dasar (PJTD) dengan tema “Mewujudkan Pers yang Kreatif dan Inovatif” pada tanggal 1-3 Desember 2017 yang lalu. Pelatihan ini bertempat di gedung A kampus II IAIN Bukittinggi. Diikuti sebanyak43 orang dari berbagai semester dan jurusan.

Berawal dari pembentukan panitia pelaksana PJTD, persiapan dilanjutkan dengan tahap open recruitment yang dibuka selama 5 hari. Tahap ini merupakan proses wawancara terhadap calon anggota baru. Wawancara diantaranya seputar keorganisasian, kemahasiswaan, jurnalistik, stadium general, dsb yang masing-masing dipegang oleh panitia sendiri. Berikutnya merupakan penyeleksian terhadap calon anggota baru yang mana penyeleksian ini bersifat khusus dan hanya diikuti oleh pengurus dan kru muda. Setelah diumumkan, diadakan tahap registrasi. Terakhir, barulah tahap pelatihan yang diisi dengan materi-materi seputar kejurnalistikan.

Pelatihan ini merupakan program inti dari LPM al-Itqan dari tahun ke tahun dengan tujuan membentuk kader-kader yang mampu menjadi seorang jurnalis. Acara yang dimulai hari Jum’at (1/12) pukul 09.00 WIB yang secara resmi dibuka oleh Pembina LPM al-Itqan, Ilham Mustafa, M.A. PJTD kemudian diisi dengan berbagai tema, di antaranya Prinsip-prinsip Jurnalistik, Profesionalisme Jurnalistik, Sejarah al-Itqan, Wawancara dan Narasumber, Bahasa Jurnalistik, UnsurNilai dan Jenis Berita, Komunikasi MassaPers Nasional dan Mahasiswa, Fakta dan Opini, Kode Etik Jurnalistik, Desain/Layout, Teknik Persidangan dan terakhir Praktek ke lapangan. Materi-materi tersebut diberikan oleh pemateri yang memang sudah ahli di bidangnya, bahkan sebagian besar pemateri merupakan alumni Al-Itqan yang sudah melalangbuana dalam bidang jurnalis.

a3eedc70 ac9d 4f4e b621 88033ee903d1

PJTD ditutup secara resmi oleh Nurhidayati, selaku Pimpinan Umum pada Minggu (3/12) sore di Taman Bung Hatta. Dalam penutupan tersebut, dipilih kelompok terbaik dari beberapa kelompok yang ada dan dinilai dari segi penulisan  berita yang baik dan benar sesuai dengan tema yang telah ditugaskan oleh panitia.. Juga dipilih dua orang peserta terbaik selama PJTD berlangsung. Terbaik I atas nama Khalil Fajri dan Terbaik II atas nama Bona Rahmiadella.

Khalil Fajri, salah seorang peserta PJTD yang terpilih sebagai peserta terbaik I mengungkapkan rasa senangnya karena bisa ikut dalam kegiatan ini. “mendapatkan materi yang belum kami ketahui sebelumnya, terima kasih kepada kakak-kakak panitia yang telah mengadakan acara yang bermanfaat ini.” ungkapnya.

PJTD yang berlangsung selama tiga hari dua malam tersebut sejatinya belum selesai dan belum bisa dinyatakan lulus bagi anggota magang sebagai kru muda. Karena itu, setiap pekan akan diadakan Pondok Jurnalis atau disingkat dengan Polis. Kegiatan ini bertujuan untuk menjemput kembali materi-materi selama PJTD, disebabkan waktu yang terbatas. Dan juga bertujuan sebagai pemantapan diri sebagai seorang jurnalis berkualitas dan inspiratif.

Polis diadakan selama 6 bulan dengan kelulusannya melihat kepada absensi, keterlibatan dalam acara  yang diselenggarakan oleh LPM al-Itqan, keaktifan menulis di tabloid dan sebagainya. (LPM AL-Itqan)

Read 133 times

Download Template Joomla 3.0 free theme.