IAIN Bukittinggi

Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Distingsi Keilmuan Fakultas Adab dan Humaniora PTKIN Se-Indonesia

07 October 2017 By In Berita Terbaru

distingsi

Distingsi dan karakter keilmuaan bidang Islam dan Humaniora di bawah perguruan tinggi keagamaan Negeri (PTKIN) Kementerian Agama. menghadapi tantangan besar ketika beberapa kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bertransformasi menjadi Universitas (UIN). Tantangan yang dimaksud adalah terkait positioning dan daya tawar FAH dalam menghadapi tumbuh dan berkembangnya fakultas-fakultas  umum yang di anggap lebih menjanjikan bagi karir akademik dan pekerjaan para calon mahasiswa.

Ini didiskusikan dalam Workshop Fakultas Adab se-Indonesia yang diikuti oleh Dr. Ghazali Dekan FUAD yang hadir di Syahida Inn UIN Jakarta. Peserta pada kegiatan ini dihadiri oleh oleh 26 UIN/IAIN/STAIN se-Indonesia. kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal (2-3/10) lalu.

ia mengatakan Pada kegiatan ini dibentuk tim kecil untuk merumuskan proposal lengkap tentang Distingsi Keilmuan Adab.. “Untuk menghadapi tantangan tersebut, serta untuk mempertahankan tugas akademiknya dalam mengembangkan kajian-kajian ilmu Islam dan humaniora, maka tentunya fakultas harus memiliki Merek Dagang sendiri yang khas dan berdaya jual tinggi, serta tidak dimiliki oleh bidang keilmuan lain.”

Salah satu potensi besar yang dapat dieksploitasi untuk perumasan distingsi keilmuan di FAH adalah keberadaan khazanah sumber-sumber primer lokal (Genuine primary sources) di sejumlah daerah dimana FAH berada. sumber- sumber  yang dimaksud dapat berupa arsip, manuskrip, Koran klasik, prasasti, rekaman suara/video, dan material lainnya yang ada di daerah masing-masing , tetapi tidak/belum dapat diakses sebagai bahan penelitian . semua material tersebut dapat dianggap sebagai bagian dari local Islamic Heritage yang memiliki nilai keilmuan tinggi.

Dekan FUAD menjelaskan bahwanya rekomendasi dan hasil dari worshop yaitu : Setiap lembaga ADIA (Asosiasi Dosen Ilmu-Ilmu Adab)  diharapkan mengkonsolidasikan, mendiskusikan dan merumuskan distingsi keilmuan program studi masing-masing dengan pertimbangan lokalitas dan keunggulannya. dan Follow Up Worshop dengan membentuk tim kecil untuk merumuskan proposal lengkap tentang Distingsi Keilmuan Adab dan Humaniora dengan Pengadaan Infrastuktur  berupa program aplikasi digital arsip terkait Warisan Budaya Islam Nusantara. (Ilham Mustafa/Eva Youanda/Humas IAIN Bukittinggi)

Read 269 times

Download Template Joomla 3.0 free theme.