IAIN Bukittinggi

Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Jurusan SPI IAIN Bukitinggi : Telusuri Sejarah Tan Malaka dan Imam Bonjol

19 May 2017 By In Berita Terbaru

spi

Perguruan Tinggi (PT) merupakan lembaga pendidikan produksi dan pengembang ilmu pengetahuan dan ketrampilan. UU No 12 tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi mengamanatkan PT memiliki peran melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yakni menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) merupakan salah satu jurusan yang berada pada Fakultas Ushulddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Bukitinggi, dengan demikian Jurusan SPI berupaya mewujudkan fungsinya sebagai jurusan melalui kegiatan Kuliah Kerja Dakwah Mahasiswa (KKDM) Jurusan SPI IAIN BKT ungkap Ketua Jurusan SPI; Arjoni, M.Pd.

Arjoni, M.Pd menjelaskan; KKDM di inisiasi oleh civitas akademika SPI dan di suport oleh Pimpinan Fakultas Ushuluddni Adab dan Dakwah (FUAD) serta difasilitasi oleh Pimpinan Rektorat IAIN BKT. Secara pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan kombinasi progaram kerja himpunan mahasiswa jurusan SPI dan program akademik Jurusan SPI.

Pada pelepasan kegiatan tersebut, rombongan KKDM yang teridiri dari mahasiswa dan Dosen SPI berkumpul didepan lapangan parkir Dekanad FUAD mendengarkan pengarahan dan penjelasan pimpinan Dekan FUAD IAIN BKT. Dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan bidang Akademik; Dr.Darul Ilmi, M.Pd menyampaikan kepada rombongan KKDM; dari sisi akademik KKDM merupakan kegitan positif dan ekfektif dalam mengimplementasikan keilmuan dan ketrampilan yang dipelajari secara teori di lokal perkuliahan dan dipraktekan dalam kehidupan bermasyarakat, terlebih pada kurikulum jurusan SPI ada mata kuliah yang terkait seperti arkeologi, histrografi, dll yang dibutuhkan kuliah praktek dilapangan. Selanjutanya pada pertemuan tersebut Wakil Dekan bidang kemahasiswaaan dan kerja sama FUAD, Hardi Putra Wirman, MA juga menjelaskan; dari sisi kemahasiswaan, KKDM merupakan kegiatan efektif dalam mengembangkan potensi diri dalam beroorganisasi dan kreatifitas di masyarakat, sehingga mahasiswa terlebih jurusan SPI mendapatkan pengalaman dan pembelajaran di masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Dekan FUAD berpesan dengan harapan semoga kegiatan tersebut yang merupakan trobosan awal di FUAD IAIN BKT dapat bermanfaat bagi civitas akademika dan masyarakat.

KKDM SPI merupakan trobosan awal di jurusan SPI yang diselenggarakan pada rabu-minggu/10-14 mei 2017 di Kec.Gunung Omeh Kab.Lima Puluh Kota dibagi dua kelompok. Posko I bertempat di Nagari.Pangdam Gadang mempokoskan kegiatan SPI kepada peninggalan sejarah Tan Malaka. Sedangkan posko II bertempat di Nagari Koto Tinggi mempokoskan kegiatan SPI penginggalan sejarah PDRI dan Gua persembunyian Tuanku Imam Bonjol. Adapun agenda kegiatan yang dilaksanakan diantaranya pendidikan/pengajaran SPI di Mesjid/Mushala masing-masing posko, meneliti/mengkaji objek peninggalan sejarah Tan Malaka, PDRI dan Gua persembunyian Imam Bonjol Padng, dan Pengabdian masyarakat (Goro dan Tausiah/kultum) dimasing-masing objek Nagari yang ditempatkan.

Pembukaan KKDM bertempat di Mesjid Raya Koto Tinggi dihadiri oleh Pimpinan Kec.Gunung Omeh, Nag.Koto Tinggi, Nag.Pangdam Gadang dan warga setempat. Pada kesempatan tersebut Kasi Sosial Kec.Gunung Mas; Darul Husaini, S.Sos mengatakan; selamat datang dan berterimakasih kepada ronbongan KKDM SPI IAIN Bukitnggi telah mengunjungi ke Kecamatan menjadikan pilihan tempat KKDM dan berharap dari kegiatan tersebut bermanfaat dan saling menguntungkan baik dari warga maupun civitas akademika SPI IAIN BKT.

Selama kegiatan KKDM berlangsung HMJ dan mahasiswa SPI di bimbing dan diarahkan oleh Tim Dosen SPI IAIN Bukitinggi diantaranya Kajur SPI Arjoni, M.Pd, Dosen Arkeologi; Dedi Arsya, M.Hum dan Dosen Histrografi; Melia Afdayeni, MA. Pada kegiatan penelitian yang difokoskan kepada peninggalan sejarah Tan Malaka, PDRI, dan Gua persembunyian Imam Bonjol mewawancarai beberapa tokoh masyarakat setempat diantanya Khirul Afit,Yongli Fadli dan Pk.Imam dan warga lainya.

Mahasiswa Tim Dosen Pembimbing, Warga masyarakat antusias berpatisipasi pada acara tersebut terlebih pada kegiatan hiking di peninggalan sejarah di gua persembunyian Imam Bonjol di Jorong Palingkitangan. Menurut pengakuan warga, Eva, dkk menyampaikan kegiatan KKDM SPI merupakan kegiatan yang mambantu masyarkat mendidik dan membina masyarakat khususnya para pemuda setempat untuk menghargai nilai-nilai sejarah dan melestarikan peninggalan sejarah setempat sehingga kita sebagai warga anak Bangsa mampu mengenang, mengambil hikmah dan mengisi kemerdekaan dengan penuh semangat berkamajuan.

Kegiatan KKDM diakhiri dengan Tabliq Akbar dalam rangka penyambutan bulan suci Ramadhan yang di sampaikan oleh Tokoh/Ulama masyarakat Kab.Lima Puluh Kota; Dr.Arman Husni, Lc, MA. Pada acara Tabliq Akabar sekalihgus penutupan acara Wali Nagari Koto Tinggi menyampaikan; ucapan terimakasih kepada Rombongan KKDM dan diharapkan kedepanya jika memungkinkan untuk ditambahkan waktunya serta terus mengembangkan kerja sama silaturrahim antara civitas akademika FUAD IAIN Bukitinggi. (Humas IAIN Bukittinggi)

Read 699 times

Download Template Joomla 3.0 free theme.