IAIN Bukittinggi

Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Jurusan Ekonomi Islam : Bina Mahasiswa Manajemen Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah (KJKS)

17 May 2017 By In Berita Terbaru

ekonomi islam

Koperasi jasa keuangan syariah adalah lembaga keuangan mikro yang dalam pengoperasiannya menggunakan prinsip prinsip ekonomi syariah. Yaitu dengan kesepakatan bagi hasil. Tujuan koperasi jasa keuangan syariah sama dengan koperasi pada umumnya yaitu meningkatkan perekonomian dan mengembanngkan bisnis usaha mikro dan menengah dalam rangka mengangkat harhat dan martabat kaum kecil dan menengah.

Dalam mendalami itu Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi adakan Workshop Manajemen Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah (KJKS) tanggal6-7 Mei2017 dan bertempat di Kampus IIIAIN Bukittinggi. Pemateri pada kegiatan ini yaitu Yefri Joni, MA, Iiz Izmuddin, MA, H.Harfandi, SE.,M.Si dan Era Sonita, SE.,M.Si dengan materi Peran KJKS dalam membangun keadilan ekonomi, Filosofis akad syari’ah dalam pembangunan ekonomi umat, Manajemen pendirian, pendanaan, dan pengelolaan KJKS dan Manajemen pembiayaan KJKS.

“Koperasi ini tumbuh berdasarkan kesepakatan dari sekelompok orang yang bersedia menyetorkan dananya untuk dioperasikan. Selain itu fondasi modal dari koperasi jasa keuangan syariah berasal dari simpanan-simpanan para anggota dan masyarakat yang bergabung. Adapun jenis simpanan tersebut adalah simpanan sukarela, simpanan wajib dan simpanan pokok. Bagi anggota pendiri ada simpanan pokok khusus.”

“Dana yang terkumpul dari simpanan tersebut lalu diolah dengan cara disalurkan melalui produk pembiayaan dan jasa. Berbeda dengan koperasi biasa yang menggunakan bunga konsep pembiayaan pada koperasi jasa keuangan mengunakan sistem kesepakatan dan bagi hasil dengan menggunakan akad muhdorobah, musyarokah, dan syirkah. Sistem bagi hasil merupakan pengaplikasian dari konsep ekonomi syariah yang berupaya keras menghindari riba. “

“Sekalipun KJKS menggunakan konsep syariah yang cenderung identik dengan umat Islam, bukan berarti hanya masyarakat muslim saja yang bisa bergabung menjadi anggota dan menggunakan jasa KJKS. KJKS dan konsep syariah yang digunakan bisa dinikmati oleh umat manapun tak memandang agama dan suku  karena pada dasarnya konsep syariah adalah konsep ekonomi yang universal yang berkeadilan.”

Workshop ini diikuti oleh Perwakilan mahasiswa jurusan Ekonomi Islam FEBI IAIN Bukittinggi dari semester VI (enam) yang telah mengambil Mata Kuliah BLKS dan Kewirausahaan yang berjumlah 48 orang. (Humas IAIN Bukittinggi)

Read 229 times

Download Template Joomla 3.0 free theme.