IAIN Bukittinggi

Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

PMB 2017 : IAIN Bukittinggi Targetkan 3500 Mahasiswa Baru

17 March 2017 By In Berita Terbaru

pmb

           

IAIN Bukittinggi pada tahun akademik 2017/2018 ini menargetkan penerimaan mahasiswa baru sebanyak 3.500 orang calon mahasiswa.  Baik yang berasal dari Sumatera barat maupun diluar sumbar. Semua calon mahasiswa itu akan bersaing untuk menempati 23 jurusan yang ada di IAIN Bukittinggi dengan 3 jurusan baru, yaitu jurusan pariwisata syariah, manajemen haji dan umrah serta jurusan manajemen bisnis syariah. Ungkap Dr. Asy’ari wakil rektor 1 IAIN Bukittinggi di ruangannya (14/03) lalu. 

Ketua Panitia Lokal SPAN / UM-PTKIN ini juga menjelaskan bentuk seleksi yang akan ditempuh oleh siswa “bentuk seleksinya secara umum menguji kemampuan calon mahasiswa untuk dua bidang keahlian yaitu pengetahuan umum dan pengetahuan agama. Pengetahuan umum terdiri dari IPA dan IPS. Sedangkan pengetahuan agama berisi tentang dasar-dasar keislaman dan potensi akademik”,

Melvita sekretaris Panitia Lokal SPAN / UM-PTKIN IAIN Bukittinggi merinci bentuk seleksinya sebagai berikut: (a) SPAN-PTKIN, seleksinya dari nilai rapor di sekolah (5 besar di sekolah). Seleksi secara nasional, tidak dipungut biaya, seleksi berbentuk berkas tanpa tes dan pendaftaran secara online ke Panitia Pusat. (b) SPNA-IAIN, seleksinya dari nilai rapor disekolah (10 besar di sekolah) ditambah piagam prestasi. Seleksinya dilakukan di IAIN Bukittinggi dalam bentuk seleksi berkas tanpa tes, dan membayar uang pendaftaran Rp.200000 (c) UM-PTKIN, seleksinya berdasarkan ujian tertulis serentak secara nasional dilakukan di PTKIN masing-masing. Materi Ujian : TPA, Bahasa, Keislaman, IPA/IPS dan IPC. Pemeriksaan dan hasil kelulusan ditentukan Panitia Pusat serta pendaftaran secara online ke Panitia Pusat. (d) UM-IAIN, seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis yang dilaksanakan oleh IAIN Bukittinggi, dengan bentuk materi ujian yang sama dengan UM-PTKIN. Pemeriksaan dan hasil kelulusan ditentukan IAIN Bukittinggi. Pendaftaran dilakukan secara online ke IAIN Bukittinggi dengan membayar uang pendaftaran Rp.200000.

Sampai saat ini tahapan penerimaan mahasiswa baru masih pada SPAN-PTKIN dan SPNA-IAIN, yang keduanya berlangsung hingga tanggal 7 April 2017, tuturnya. Ia berharap dengan adanya penerimaan mahasiswa baru ini, kuota penerimaan mahasiswa baru ini bisa terpenuhi dan mendapatkan calon-calon mahasiswa baru yang berkualitas sesuai dengan bidang prodi/jurusan yang dipilih”.

 “Hendaknya pendidikan keagamaan dapat diakses bagi semua kalangan calon mahasiswa baik yang berasal dari madrasah/pondok pesantren maupun dari sekolah umum, dengan daya tampung yang 3500 orang ini, IAIN Bukittinggi punya peran penting dalam rangka meningkatkan APK (Angka Partisipasi Kasar) Pendidikan”, tambahnya. (Isnando - Humas IAIN Bukittinggi).

Read 1696 times

Download Template Joomla 3.0 free theme.